Senin, 20 Februari 2012

Tutorial Basic C++


Mungkin cara terbaik untuk memulai belajar bahasa pemrograman adalah dengan menulis program. Oleh karena itu, di sini adalah program pertama kita:


Code:

/ / Program pertama saya di C + +

# Include <iostream>
menggunakan namespace std;

int main ()
(
  Cout <<"Hello World!";
  return 0;
)



Panel pertama (warna biru muda) menunjukkan kode sumber untuk program pertama kami. Yang kedua (dalam cahaya abu-abu) menunjukkan hasil dari program sekali dikompilasi dan dieksekusi. Ke kiri, nomor abu-abu merupakan nomor baris - ini bukan bagian dari program, dan yang ditampilkan di sini hanya untuk tujuan informasi.

Cara untuk mengedit dan mengkompilasi program tergantung pada compiler yang Anda gunakan. Tergantung pada apakah ia memiliki Interface Development atau tidak dan versinya. Konsultasikan bagian kompiler dan manual atau membantu termasuk dengan kompiler Anda jika Anda ragu tentang cara untuk mengkompilasi C + + program konsol.

Program sebelumnya adalah program magang programmer khas yang menulis untuk pertama kalinya, dan hasilnya adalah mencetak pada layar dari "Hello World!" kalimat. Ini adalah salah satu program yang paling sederhana yang dapat ditulis dalam C + +, tapi sudah berisi komponen fundamental bahwa setiap program C + + memiliki. Kita akan melihat baris demi baris pada kode kita baru saja menulis:

/ / Program pertama saya di C + +

Ini adalah baris komentar. Semua baris yang dimulai dengan dua tanda garis miring (/ /) dianggap komentar dan tidak memiliki efek pada perilaku program. Programer dapat menggunakannya untuk menyertakan penjelasan singkat atau observasi dalam kode sumber itu sendiri. Dalam hal ini, garis adalah penjelasan singkat tentang apa program kami.
# Include <iostream>

Baris yang dimulai dengan tanda pagar (#) adalah petunjuk untuk preprocessor tersebut. Mereka tidak baris kode biasa dengan ekspresi tetapi indikasi untuk preprocessor kompiler ini. Dalam hal ini direktif # include memberitahukan preprocessor <iostream> untuk menyertakan file standar iostream. Ini file tertentu (iostream) meliputi deklarasi standar dasar input-output library di C + +, dan ini termasuk karena fungsinya akan digunakan nanti dalam program.
menggunakan namespace std;

Semua elemen perpustakaan standar C + + dideklarasikan dalam apa yang disebut sebagai namespace, namespace dengan nama std. Jadi untuk mengakses fungsi yang kami menyatakan dengan ungkapan ini bahwa kita akan menggunakan entitas. Baris ini sangat sering di C + + program-program yang menggunakan pustaka standar, dan sebenarnya akan dimasukkan dalam sebagian besar kode sumber disertakan dalam tutorial ini.
int main ()

Baris ini sesuai dengan awal dari definisi fungsi utama. Fungsi utama adalah titik dengan mana semua program C + + mulai eksekusi mereka, terlepas dari lokasi di dalam kode sumber. Tidak peduli apakah ada fungsi lain dengan nama lain didefinisikan sebelum atau setelah itu - instruksi yang terkandung dalam definisi fungsi ini akan selalu menjadi orang pertama yang dieksekusi di setiap program C + +. Untuk alasan yang sama, adalah penting bahwa semua program C + + memiliki fungsi utama.

Kata utama dalam kode diikuti oleh sepasang tanda kurung (()). Itu karena merupakan deklarasi fungsi: Pada C + +, apa yang membedakan sebuah deklarasi fungsi dari jenis lain dari ekspresi orang-kurung yang mengikuti namanya. Opsional, tanda kurung ini dapat melampirkan daftar parameter dalam diri mereka.

Tepat setelah kurung ini kita dapat menemukan tubuh dari fungsi utama diapit oleh kurung ({}). Apa yang terkandung dalam kurung ini adalah apa fungsi tidak ketika dijalankan.
Cout <<"Hello World!";

Baris ini adalah pernyataan C + +. pernyataan adalah ekspresi sederhana atau senyawa yang benar-benar dapat menghasilkan beberapa efek. Bahkan, pernyataan ini hanya melakukan tindakan yang menghasilkan efek yang terlihat dalam program pertama kami.

pengadilan adalah nama dari arus keluaran standar di C + +, dan makna dari pernyataan keseluruhan adalah untuk memasukkan urutan karakter (dalam hal ini Hello urutan World karakter) ke output stream standar (pengadilan, yang biasanya sesuai dengan layar).

pengadilan ini dideklarasikan pada file standar iostream dalam namespace std, sehingga mengapa kami harus menyertakan file tertentu dan menyatakan bahwa kami akan menggunakan namespace ini khusus sebelumnya dalam kode kita.

Perhatikan bahwa pernyataan diakhiri dengan karakter titik koma (;). karakter ini digunakan untuk menandai akhir pernyataan dan sebenarnya harus disertakan pada akhir semua pernyataan ekspresi dalam semua + C program + (salah satu kesalahan sintaks yang paling umum memang lupa menyertakan beberapa titik koma setelah pernyataan).
return 0;

Pernyataan return menyebabkan fungsi utama untuk menyelesaikan. mungkin kembali diikuti dengan kode kembali (dalam contoh kita adalah diikuti dengan kode kembali dengan nilai nol). Kode kembalinya 0 untuk fungsi utama umumnya ditafsirkan sebagai program bekerja seperti yang diharapkan tanpa ada kesalahan selama eksekusinya. Ini adalah cara yang paling biasa untuk mengakhiri C + + program konsol.



Anda mungkin telah memperhatikan bahwa tidak semua baris program ini melakukan tindakan saat kode dijalankan. Ada baris yang berisi komentar saja (yang dimulai dengan / /). Ada baris dengan petunjuk untuk compiler's preprocessor (yang dimulai dengan #). Lalu ada baris yang dimulai deklarasi dari sebuah fungsi (dalam kasus ini, fungsi utama) dan, akhirnya baris dengan laporan (seperti penyisipan ke pengadilan), yang semua termasuk dalam blok dibatasi oleh kurung kurawal (()) dari fungsi utama.

Program ini telah terstruktur dalam baris yang berbeda agar lebih mudah dibaca, tapi di C + +, kita tidak memiliki aturan tegas tentang bagaimana memisahkan instruksi dalam baris yang berbeda. Misalnya, alih-alih


Code:
 
int main ()
(
  Cout <<"Hello World!";
  return 0;
)



Kami bisa saja menulis:



Code:

(int main () cout <<"Hello World";! return 0;)



Semua hanya dalam satu baris dan ini akan memiliki arti yang sama persis dengan kode sebelumnya.

Dalam C + +, pemisahan antara pernyataan di bawah ini ditentukan dengan titik koma berakhir (;) pada akhir masing-masing, sehingga pemisahan dalam baris kode yang berbeda tidak masalah sama sekali untuk tujuan ini. Kita dapat menulis banyak pernyataan per baris atau menulis pernyataan tunggal yang mengambil banyak baris kode. Pembagian kode dalam baris yang berbeda hanya melayani untuk membuatnya lebih mudah dibaca dan skematis untuk manusia yang dapat membacanya.

Mari kita tambahkan instruksi tambahan untuk program pertama kami:

Code:

/ / Program kedua saya di C + +

# Include <iostream>

menggunakan namespace std;

int main ()
(
  Cout <<"Hello World!";
  cout <<"Aku C + + program";
  return 0;
)



Hello World! Aku C + + program



Dalam hal ini, kami melakukan dua insersi ke pengadilan dalam dua laporan yang berbeda. Sekali lagi, pemisahan dalam baris yang berbeda dari kode yang telah dilakukan hanya untuk memberikan pembacaan yang lebih besar untuk program ini, sejak utama bisa saja sempurna yang berlaku yang ditentukan dengan cara ini:

Code:
 
(int main () cout <<"Hello World";! cout <<"Aku C + + program"; return 0;)



Kami juga bebas untuk membagi kode ke baris lagi jika kita menganggap lebih nyaman:
 
Code:

int main ()
(
  cout <<
    "Hello World";!
  pengadilan
    <<"Aku C + + program";
  return 0;
)



Dan hasilnya lagi akan persis sama seperti pada contoh sebelumnya.

Preprocessor direktif (yang dimulai dengan #) adalah keluar dari aturan umum karena mereka tidak laporan. Mereka adalah garis membaca dan diproses oleh preprocessor dan tidak menghasilkan kode apapun sendiri. arahan Preprocessor harus dirinci sesuai mereka sendiri dan tidak harus diakhiri dengan titik koma (;).

Komentar

Komentar adalah bagian dari kode sumber diabaikan oleh compiler. Mereka hanya melakukan apa-apa. Tujuan mereka hanya untuk memungkinkan para programmer untuk memasukkan catatan atau deskripsi tertanam dalam kode sumber.

C + + mendukung dua cara untuk menyisipkan komentar:
 
Code:
 
/ / Baris komentar
/ * Block comment * /

Yang pertama dari mereka, yang dikenal sebagai baris komentar, semuanya membuang dari mana sepasang tanda garis miring (/ /) ditemukan sampai dengan akhir kalimat yang sama. Yang kedua satu, yang dikenal sebagai blok komentar, semuanya membuang antara / karakter * dan penampilan pertama * itu / karakter, dengan kemungkinan termasuk lebih dari satu baris.
Kami akan menambahkan komentar ke program kedua kita:

Code:

/ * Program kedua saya di C + +
   dengan * komentar lebih /

# Include <iostream>
menggunakan namespace std;

int main ()
(
  Cout <<"Hello World";! / / Mencetak Hello World!
  cout <<"Aku C + + program"; / / cetak saya C + + program
  return 0;
)


Hello World! Aku C + + program



Jika Anda memasukkan komentar dalam kode sumber program Anda tanpa menggunakan karakter komentar kombinasi / /, / * atau * /, compiler akan membawa mereka seakan-akan mereka C + + ekspresi, yang paling mungkin menyebabkan satu atau pesan kesalahan beberapa saat compile .

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar yang membangun dan tidak bicara yang tidak baik
terima kasih